4 Olahan Daging Kelapa Paling Enak, Ada Favorit Kamu?

4 Olahan Daging Kelapa Paling Enak, Ada Favorit Kamu?

4 Olahan Daging Kelapa Paling Enak, Ada Favorit Kamu?

4 Olahan Daging Kelapa Paling Enak, Ada Favorit Kamu?

Kelapa punya tidak sedikit kegunaan dan manfaat, khususnya untuk masakan. Dagingnya diubah untuk meningkatkan cita rasa dalam masakan. Nah, sejumlah olahan kelapa inilah ini membuat rasa masakan jadi kian sedap.

1. Santan

Ini yang sangat umum dan paling tidak sedikit digunakan dalam masakan. Daging kelapa diparut, kemudian diperas guna menghasilkan santan.

Masakan Indonesia mengenal dua jenis santan, tergantung pada kadar air dan minyaknya, yaitu santan kental dan santan cair. Santan juga dapat dicampur dengan kopi guna menggantikan susu sapi.

2. Serundeng
Sisa parutan kelapa yang sudah diperas menjadi santan dapat diolah berubah menjadi serundeng. Parutan kelapa ditumis pulang bersama ragam bumbu, laksana bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan kunyit.

Bisa pun ditambahkan daun jeruk guna memperkuat aromanya. Bayangkan nasi panas yang ditaburi serundeng, lalu dicicipi dengan ayam atau gepuk daging. Hmmm, endeus!

3. Kelapa gongseng

Di sejumlah daerah, parutan kelapa segar diubah dulu sebelum dipakai dalam masakan. Salah satunya kelapa gongseng. Di Buton, kelapa gongseng dinamakan kaluku i hole.

Sedangkan di Aceh, olahan kelapa ini dinamakan unele atau utele. Masyarakat Malaysia mengenalnya dengan nama kerisik. Untuk menciptakan kelapa gongseng, parutan kelapa disangrai, dijemur di bawah sinar matahari, kemudian ditumbuk sampai halus laksana pasta. Rasanya gurih dengan wewangian sangrai yang nikmat.

4. Minyak kelapa
Minyak kelapa adalahproduk turunan santan kelapa. Masakan Bali umumnya memakai minyak kelapa guna mendapatkan wewangian khas.

Ada dua kiat untuk menghasilkan minyak kelapa. Pertama, santan segar direbus kembali sampai minyak terekstraksi dan terpisah dari endapan santan. Minyak yang didapatkan dari kiat ini bakal terlihat jernih.

Kedua, daging kelapa dikeringkan dulu di bawah sinar matahari atau dibakar. Setelah itu, digiling dan diperas dengan mesin sampai mengeluarkan minyak.

Kalau anda paling sering mengubah kelapa jadi apa nih? Tulis di kolom komentar ya!