3 Tempat Snorkeling Terindah di Kerajaan Ubur-ubur Jinak di Indonesia

3 Tempat Snorkeling Terindah di Kerajaan Ubur-ubur Jinak di Indonesia

3 Tempat Snorkeling Terindah di Kerajaan Ubur-ubur Jinak di Indonesia

Snorkeling laksana sudah jadi kegiatan wajib saat kita liburan ke pantai yang indah. Gak hanya menunggu kecantikan sunset di pinggir pantai, kita pun harus mengenal keindahan bawah lautnya melewati snorkeling.

Terumbu karang dan ikan warna-warni jadi pemandangan yang biasa anda temukan di bawah laut. Tak jarang pula terdapat ubur-ubur yang menggeliat indah.

Meski berpenampilan cantik, sekitar ini orang mengenal ubur-ubur sebagai fauna berbahaya, sebab punya sengatan yang menyakitkan. Namun, beberapa ubur-ubur ternyata ramah pada insan alias tidak menyengat, sehingga anda masih akan aman saat berada di sekitarnya.

Kegiatan snorkeling bareng ubur-ubur jinak melulu mungkin anda lakukan di empat lokasi di dunia, yang tiga di antaranya terdapat di Indonesia lho.

1. Danau Mariona, Togean, Sulawesi Tengah


Danau Mariona ialah salah satu telaga tektonik yang paling estetis di Kepuluan Togean atau Togian, Sulawesi Tengah. Tempat yang sedang di Kabupaten Tojo Una-Una, Palu, Sulawesi Tengah, ini jadi kerajaan ubur-ubur yang sesungguhnya.

Ribuan ubur-ubur sekian banyak jenis yang tak menyengat bermukim di sini, mulai dari berukuran kecil sampai besar. Meski ramah manusia, namun ada baiknya kita melulu menikmati mereka tanpa menyentuhnya, lagipula kalau hingga mengusungnya terbit ke permukaan.

2. Danau Lenmakana, Pulau Misool, Papua Barat


Soal keindahan biota airnya, keberadaan Raja Ampat di Papua Barat tidak boleh pernah diragukan. Wisatawan asing dari sekian banyak negara yang berduyun-duyun datang ke sini guna pelesiran ialah salah satu buktinya.

Di samping laut, Raja Ampat menyimpan pemandangan eksotis ribuan ubur-ubur jinak di Danau Lemankana yang terdapat di Pulau Misool, Raja Ampat.

Untuk mengarah ke ke telaga ini perlu effort tambahan keras, karena anda harus trekking dan melalui medan yang lumayan menantang. Namun begitu samai, ribuan ubur-ubur yang nampak dari permukaan air bening akan langsung menyapamu.

3. Pulau Kakaban, Kalimantan Timur

Pulau Kalimantan pun menyimpan tidak sedikit cuilan surga yang terlampau cantik guna kita abaikan, salah satunya Danau Kakaban di Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Tempat istimewa ini mesti kita kunjungi sangat tidak sekali seumur hidup.

Kapan lagi anda punya empiris menyelam dan berenang bareng ribuan ubur-ubur estetis ini, ya kan?

Ubur-ubur sekian banyak ukuran, jenis, dan warna, seluruh terpusat dalam telaga berair bening ini. Karena populasinya yang padat, pengunjung seringkali dilarang memakai fin atau kaki katak, supaya tak melukai fauna cantik ini.

Tempat keempat guna berenang bareng ubur-ubur jinak terdapat di Eil Malk, salah satu telaga di Kepulauan Palau yang letaknya sedang di Laut Pasifik. Sebagai orang pribumi Indonesia yang punya tiga spot estetis ini, tentunya mesti coba berangjangsana ke sana, dong! Kamu telah ke yang mana nih?